Berburu tiket promo AirAsia ke jepang

Dalam mendapatkan tiket promo penerbangan internasional Air Asia jangan terpaku dari satu kota asal ke kota tujuan, tapi cobalah cari alternatif dari kota lain, berikut saya akan berbagi cerita bagaimana mendapatkan tiket PP Surabaya-Jepang seharga Rp. 4,5 jutaan.

Rencana awal saya ingin menikmati negara matahari terbit saat musim sakura awal april 2017, sakura ini agak unik, masa hidupnya cuma 2 minggu sejak mekar sampai gugur apesnya lagi itu adalah tanggal-tanggal genting di kantor terkait penyusunan laporan keuangan publikasi yang tidak mungkin bisa ditinggal apalagi untuk liburan, sempat berpikir berangkat akhir maret tapi sakura belum mekar, sedangkan berangkat setelah laporan keburu udah rontok semua sakuranya, okelah diputuskan maret dan april coret dari daftar rencana, lagian musim sakura di Jepang masuk peak season yang artinya rame turis dan pasti mahalĀ sok menghibur diri.

Rencana bergeser di bulan berikutnya atau mei kalo bisa sebelum awal puasa udah kelar liburannya. Saya sudah ilfil dengan acara travel fair maskapai kelas atas macam Garuda Indonesia atau Singapore Airlines, meskipun travel fair jatuhnya harga masih aja di angka Rp. 6 jutaan itupun start dari Jakarta harus nombok lagi tiket Surabaya ke Jakartanya belum lagi itu khusus tiket return di kota yang sama, padahal rencana saya akan berangkat ke Osaka, trus naik kereta peluru shinkansen 🚄 ke Tokyo (jarak setara Jakarta-Jogja ditempuh cuma 2.5 jam saja) baru pulang ke Surabaya, selain itu kalau tiket one-way juga ga masuk akal masa sampai Rp. 5 juta sendiri.

Sejak bulan puasa tahun 2016 saya memulai berburu tiket padahal berangkatnya masih tahun depannya, kalo dari Surabaya tidak ada satupun maskapai yang langsung ke Jepang jadi ya harus transit dulu, bisa di Denpasar, Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur. Satu persatu saya coba menuju Osaka hasilnya waow pakai air asia rata-rata Rp. 3 jutaan sekali jalan, hmm menghela nafas ntar dulu deh, ajaib besoknya dapat email dari Air Asia ada tiket promo Godaan Ramadhan yaitu kursi gratis (cuma bayar airport tax) langsung aja saya ambil tiket Surabaya – Kuala Lumpur seharga Rp. 200rb trus masih kalap, ambil lagi tiket Kuala Lumpur – Singapura Rp. 150rb tapi untuk ke Jepang gak ada kursi gratis tapi lumayan murah sih cuma Rp 2.5 jutaan kalau berangkat dari Kuala Lumpur, lagian saya perginya ga sendiri tapi sama keluarga siap-siap dikali 3 aja harga masing-masing tiket. Sementara bulan juni ini cukup dulu berburu tiketnyaalesan duit tabungan ga cukup.

godaan ramadhan air asia
promo di saat bulan ramadhan juni 2016

Setelah itu beberapa bulan kemudian keadaan ekonomi cukup membaik waktunya berburu tiket promo lagi, september ceria ini ada promo kejutan september yaitu tukar BIG points kursi gratis penerbangan internasional, tapi sayang banget BIG points saya sisa 32 point aja gara-garanya habis buat terbang gratis tiap bulan rute Jakarta-Surabaya pp selama tahun 2016, balik ke perburuan tiket ke Jepang bagi yang gak cukup poinnya bisa juga kok dapat BIG sale, karena sekarang sudah pegang tiket dari perburuan bulan juni lalu saya lebih banyak pilihan rute menuju ke Osaka bisa dari Kuala Lumpur atau Singapura sama-sama murah sekitar Rp 1.4 jutaan, tinggal pilih mau yang transit di Bangkok atau Kuala Lumpur sama saja harganya, bedanya di jam, yang satu tiba sore dan satunya tiba pagi, saya ambil yang berangkat paling malem dan tiba pagi hari saja untuk menghemat penginapan jadi tidurnya di pesawat dan puas dapat bonus menjelajah Singapura selama 4 hari sebelum akhirnya ke Jepang selama 6 hari.

kejutan september kursi gratis
Promo tukar kursi gratis dengan Bigpoin

Waow Big Sale
Promo Low Fare September 2016

air asia server down
Suasana antrian perburuan tiket promo

sin-kix air asia
kurs 4 sept 2016 per 1 SGD = Rp. 9.755

Sedangkan untuk tiket pulang dari Tokyo ke kota di Indonesia bisa mendarat di Jakarta, Jogja, Surabaya dan Denpasar, inilah intriknya dimulai iya tahu saya pingin pulang langsung ke Surabaya, tapi coba cek harga tiket per-orang dari traveloka berikut untuk pesawat yang sama dan durasi yang terpendek:

tiket air asia haneda surabaya

tiket air asia haneda kuala lumpur

tiket air asia kuala lumpur surabaya

tiket air asia haneda jakarta

tiket air asia haneda jogja

tiket air asia haneda denpasar
tiket pulang pilih ini aja tapi yang jam 12:30

tiket air asia haneda surabaya
waow harga tiket berubah setelah dibeli

Bener-bener ga masuk akal muahal banget kalo ke surabaya langsung dan lebih ga masuk akal lagi kalo beli tiket ketengan ke kuala lumpur dulu trus ke surabaya, ya begitulah harus berpikir out of the box gapapalah ribet dikit demi harga murah jadinya saya putuskan pulangnya dari Tokyo ke Denpasar dulu baru ke Surabaya naik garuda demi kenyamanan setelah berpetualang. Berikut rincian biaya tiket pesawat per orang liburan selama 13 hari di 3 Negara:

Tanggal Rute Harga
11 Mei 2017 SUB-KUL Rp. 200rb
12 Mei 2017 KUL-SIN Rp. 150rb
15 Mei 2017 SIN-KIX Rp. 1.4juta
21 Mei 2017 HND-DPS Rp. 2.1juta
23 Mei 2017 DPS-SUB Rp. 468rb

rute liburan 2017
Rute Liburan 2017


Tips tambahan :

Agar supaya lebih hemat lagi maka belilah di travel agen untuk menghindari booking fee per penumpang 1000 yen penerbangan dari bandara Jepang atau 20 SGD untuk penerbangan dari bandara singapore, setelah beli di agen, link-kan kode booking ke account supaya bisa dapat miles BIG points atau nambah kursi, bagasi, makanan dengan cara kirim email ke indonesia-suppdoc@airasia.com dengan melampirkan scan paspor salah satu penumpang, cara ini telah menyelamatkan saya hampir Rp. 1 Juta (3×1000 yen dan 3×20 SGD) hanya untuk biaya booking kalo pesan langsung dari web airasia. Jadi kapan giliranmu mulai berburu tiket promo air asia? 😊😊😊

434 Viewers

2 thoughts

    1. Per 24 mei 2017 telah dibuka penerbangan direct denpasar bali-tokyo narita sekali jalan cuma Rp. 1.2 juta saja sedangkan baliknya dari tokyo narita ke denpasar bali cuman 10rb yen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please make sure you are not robot * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.