Penghargaan Donor Darah ke-10X

Tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa saya berani menyumbang donor darah bahkan sampai 10X. Dulu sekali ketika ada acara donor darah di kampus maupun di kantor, saya selalu tidak berani ikut padahal imbalannya sangat menggiurkan bisa berupa susu, gula, biskuit bahkan beras.

Setelah saya mutasi dari kota Jember ke kota Jakarta, bertepatan menjelang milad ke-3 BNI Syariah, kantor menggelar acara donor darah yang dihadiri jusuf kalla, saya dengan mantap memberanikan diri untuk donor pertama kalinya tanggal 18 Juni 2013 berikut penampakannya :

donor pertama kali
pengalaman donor pertama kali 18-06-2013

Perasaan yang saya alami saat pertama kali donor adalah pusing dan kesemutan di tangan, durasi pengambilan darah kira kira 45 menit lebih untuk satu kantung darah. Setelah itu saya rutin donor darah di PMI Jakarta pusat dan badan sangat segar dan tidak pernah pusing bahkan durasi pengambilan darah satu kantung penuh saat ini hanya 10 menit. Berikut history donor darah saya :

Ke Tanggal BB (KG) Jeda (hari)
0 18/06/2013 0
1 04/09/2013 78
2 20/11/2013 77
3 06/02/2014 55 78
4 01/05/2014 55 84
5 18/07/2014 57 78
6 02/10/2014 59 76
7 31/12/2014 57 90
8 21/03/2015 58 80
9 05/06/2015 56 76
10 20/08/2015 57 76
11 05/11/2015 59 77
12 20/01/2016 58 76
13 05/04/2016 59 76
14 20/06/2016 59 76
15 04/09/2016 60 76
16 19/11/2016 60 76
17 03/02/2017 60 76
18 20/04/2017 61 76
19 06/07/2017 61 77
20 03/10/2017 62 89
21 18/12/2017 62 76
22 04/03/2018 62 76
23 19/05/2018 61 76
24 03/08/2018 61 76
25 19/10/2018 61 76
26 10/01/2019 62 83
27 14/04/2019 61 94
28 06/07/2019 61 83

Kartu Donor Darah PMI

Tepat tanggal 5 November 2015 adalah jadwal donor darah saya yang ke 11, saya mendapatkan piagam penghargaan dan sebuah pin bergambar tetes darah.

pin penghargaan donor 10 kali
pin penghargaan telah donor 10 kali

piagam penghargaan donor 10 kali
piagam penghargaan donor sukarela 10 kali

piagam penghargaan donor 25 kali
piagam penghargaan donor sukarela 25 kali

pin penghargaan donor 25 kali
pin penghargaan telah donor 25 kali

Kedepannya saya mau sampai lebih dari 100X donor darah, jika saya rutin setiap 80 hari sekali donor, kira-kira usia 49 tahun baru tercapai dan nama saya akan diukir di daun oranye dan akan bersalaman dengan presiden yang menjabat saat itu. Amin.

pohon donor 100 kali
dedaunan pohon pengabdian donor 100 kali

9,583 Viewers

31 thoughts

  1. bisa nyampe 100 x donor tanpa harus nunggu sampe umur 49 tahun, dengan cara ikut donor apheresis, yang menurut info donor ini bisa 2x donor dalam sebulan.

      1. saya juga belum pernah coba donor apheresis. awalnya ga minat karena kan makan waktu lama prosesnya.
        terus pas baca2 info, kayaknya sy bisa ga lolos screening darahnya. terkait sama tingkat kolesterol sih :D, soalnya yg apheresis minta darah yg kualitas bagus.

        banyak muncul kesan itu emang dari para pendonor, jeri sama proses darah balik lagi; terkesan kayak cuci darah.
        testimoni cukup panjang pendonor apheres bisa diliat disini : https://manampiring17.wordpress.com/2013/01/18/pengalaman-donor-aferesis/

  2. Besok, rencananya aku bakal donor darah yg ke 10 kali, tapi acaranya di kantor. Bisa gagal dapat pin nih kalo petugasnya ga bawa, wkkkk. Pengennya punya pin buat kenang-kenangan ^-^.

  3. Hi ! Saya mau share pengalaman juga. saya berumur 23th bulan mei kemaren dan saya udah donor 13 kali sampai saat ini. Kalo saya waktu oas donor ke 10 ga dapet pin cuma dapet sertifikat padahal di pmi juga. Ada yg agak bikin heran buat saya ditulisan kaka, itu donor pertama kali diambil darah ampe 45 menit ? Lama banget ya kalo iya. Karna dr dulu pertama donor, durasinya itu ya kira2 3-10 menit dah kelar. Soalnya oernah cuma 3 menit selesai. Kalo selama itu pasti gak lancar tuh pas donor darahnya.

    1. Iya waktu pertama kali barengan sama orang sebelah saya, sampai dia selesai ganti orang, eh orang itu juga sampai selesai ganti orang lagi sayanya masih belum selesai. Ga tau kenapa, pinnya minta aja bilang dulu ga dapat cuma sertifikat, sayang loh itu kan bisa jadi kenang-kenangan. Kalo saat ini saya sudah 24x rencana bulan agustus 2018 ke 25x nanti akan dapat piagam dan pin lagi hehe doakan lancar ya.

  4. Mantap. Saya dulu mau dondar di umur 17 tahun nggak bisa gegara habis operasi besar, akhirnya pertama kali dondar umur 18 tahun pada tahun 2012 atau 2013. Sekarang udah dondar 20an kali tapi belum pernah dapat pin maupun sertifikat. Saya dondar di PMI Kota Jogja 12an kali, di PMI Sleman 8an kali, dan di RSUP Dr. Sardjito 5an kali. Ternyata kalau dijumlah kira-kira 25x ya. Data real saya donor berapa kali bisa dilihat dimana? Banyaknya jumlah dondar apakah hasil akumulasi dari beberapa PMI di kota/kabupaten atau hanya dari 1 PMI? Mohon pencerahannya.

    1. Bantu jawab.
      Nanti masnya pas mau donor lagi di PMI bawa semua kartu donor yg mas punya. Trus nanti ngajuin “ganti kartu jadi satu” aja pas ngelampirin data diri.
      Karna sayapun gitu, udah berkali2 donor di 2 tempat yg beda dgn 3 kartu yg punya datanya masing2.
      Akhirnya nyatu jadi satu kartu

  5. allhamdullilah berbagi share umur saya skr sdh 34..skr sdh masuk donor ke 41 x mudah2 an,piagam gurbenur dan presiden bs saya terima,.skr hnya piagam bupati yg ke 25.

    1. Amiin… saya juga mau mas ^_^ . saya baru 31X mas tp blm pnh dpt piagam apalagi pin,hadeehh… 🙂 pengen bgt dpt gituan utk penyemangat & kenang2an hohoh0..

      1. skr 60 hari sekali bisa mas,saya selalu rutin donor di pmi semarang dan tiap 60 hari pasti dapat sms kalau sudah bisa donor kembali.

      2. Bisa mas 60 hari sekali,saya rutin donor di pmi setiap 60 hari dapat sms kalau sudah bisa donor kembali

      3. Kalo yang saya tau untuk laki-laki 60 hari sudah bisa pak, tapi kalau perempuan harus genap 3 bulan.
        Kata ibunya mah soalnya perkembangan sel darah laki-laki lebih cepet dibanding perempuan.

        Btw pak, doain saya biar bisa dapet piagam kayak bapak ya. Memotivasi banget ulasannya.

  6. Kalo yang saya tau untuk laki-laki 60 hari sudah bisa pak, tapi kalau perempuan harus genap 3 bulan.
    Kata ibunya mah soalnya perkembangan sel darah laki-laki lebih cepet dibanding perempuan.

    Btw pak, doain saya biar bisa dapet piagam kayak bapak ya. Memotivasi banget ulasannya.

    1. Iya saya pernah nyoba maju satu hari ditolak oleh sistem disuruh kembali lagi besoknya, mungkin kebijakan masing-masing pmi berbeda.
      Semoga lancar dan tertib administrasi donornya ya pak, semoga bermanfaat bagi semuanya. Amiin.

  7. gimana cara dapetin “Kartu Donor Darah PMI , piagam & pin”, saya pengen jg dapet heheh.. Saya di Palembang-Prabumulih.

      1. saya baru 31X mas hohohoo (yg tercatat dikartu donor warna biru) tp ada bbrp kali gk tercatat lupa bawa kartunya ^_^.
        apakah kartu donor darah yg kyk gambar diatas hanya utk wilayah jakarta ?

  8. gimana cara dapetin ” Kartu Donor Darah PMI, pin & piagam, saya udah 31x donor ( yang tertulis dikartu donor) tp ada bbrp kali yg tdk tercatat ( lupa bawa kartu ^_^ ). saya pengen jg dapet heheh…

  9. Saya sudah 15 kali donor tapi ga ada sertifikat atau pin kayak gitu 😀 padahal rutin ke PMI. Itu harus ngurus ya? Soalnya saya agak mager kalo harus urus mah hehe

  10. Kalo pria enak ya bisa rutin 80 hari asal badan kondisi fit. Sedangkan perempuan agak sulit mengatur hari karena ada haid. harusnya jadwal donor jadi mundur krn harus menungu minimal seminggu baru bisa donor.
    Saya baru 5 bulan lagi mau 10x. Soalnya telat ikut donornya…
    Semangat ya untuk yg rutin menyelamatkan nyawa orang lain dengan darah kita.

  11. menurut saya, kan ga semua orang menggunakan kartu donor darah dan tercatat, masih sebagian menggunakan kartu kertas donor darah yang manual. jadi kalau ingin sertifikat penghargaan dan pin harus diurus ke PMI nya, tinggal minta dan perlihatkan bukti bahwa anda pernah donor 10x,25x,50x dst. baru bisa diproses.

Leave a Reply to JX Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please make sure you are not robot * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.