PDN itu GPRS-nya CDMA

Seperti biasanya setiap hari raya tiba seluruh keluarga dari segala penjuru daerah, kota, propinsi, berkumpul saling memaafkan, canda tawa bersama saudara-saudara yang setahun sekali bertemu hingga pembicaraan yang agak berbobot yaitu tentang teknologi handphone masing-masing.

Handphoneku bisa 3G, dual kamera, ada bluetooth, Gprs, Infrared juga ada. salah seorang nyeletuk GPRS apaan sih? fungsinya infrared apaan dan bedanya dengan bluetooth apa?

yang ditanyain ternyata bingung juga gimana mau jawabnya lantaran gak ngerti teknologi yang ada di handphonenya, malahan saat membeli handphone, didalam kardus ada satu keping cd, kata yang jual, itu cd pc suite, apa pula itu?

kalu direkap kalimat yang mengandung “apa” itu akan terkumpul banyak, ya harus diakui tidak semua pengguna handphone paham betul dengan fitur-fitur pada handphonenya, ada sebagian pengguna yang tergolong handphone mania sampai-sampai mereka mengeksplorasi handphone kelewat batas, namun adapula pengguna handphone canggih yang sekedar memakai handphonenya untuk bertelepon dan bers-sms.

Untuk kategori pengguna kedua ini, tak ada salahnya untuk mengenal beberapa istilah dan teknologi yang digunakan di handphone, kalo kamu belum berencana memakainya minimal kamu akan nyambung diajak berdiskusi tentang hal itu, hari gini jangan sampek ya dituding orang gaptek!

ok kita bahas satu-satu tentang teknologi yang di sebutkan diatas kecuali teknologi 3G karena butuh penjelasan yang panjang tentang WCDMA dan UMTS, tunggu posting berikutnya saja:

– GPRS?

– Bluetooth?

– Infrared?

– PC Suite?

GPRS adalah singkatan dari general packet radio service. pada kenyataanya masih saja ada yang menganggap bahwa GPRS adalah kependekan dari general pocket radio service atau global packet radio service. meski berbeda satu huruf packet dan pocket mempunyai makna yang berbeda, satu hal yang memprihatinkan setelah aku cari-cari di google ternyata kesalahan itu tidak hanya dilakukan pengguna awam, namun menurut artikel ini salah satu operator telekomunikasi terbesar indonesia (entah yang besar apanya???) salah menyebutkan GPRS dengan global packet radio service.

apa sih GPRS itu, dalam bahasa yang mudah dipahami, GPRS adalah layanan yang memungkinkan pengguna berinternet dengan handphone-nya, teori dan praktek GPRS sedikit berbeda, menyangkut kecepatan diatas kertas sebesar 115 kbps. praktiknya kecepata yang didapat bekisar 30-40 Kbps.

layanan akses data atau internet tersebut dimiliki oleh operator GSM dan CDMA, perbedaanya bila operaror GSM menyebut dengan GPRS maka operator CDMA menyebut dengan PDN (private data network). karena di indonesia istilah GPRS lebih dulu dan relatif lebih populer ketimbang PDN, tidak sedikit pengguna yang menyebut layanan akses data di CDMA dengan sebutan GPRS juga. kalo mau gampang PDN itu boleh dianggap GPRSnya CDMA.

Untuk menikmati GPRS atau PDN pada prinsipnya ada dua cara, pertama berinternet langsung di handphone atau cara kedua berinternet di komputer dengan handphone sebagai modemnya (seperti koneksi saya saat menulis posting ini). Untuk menggunakan handphone sebagai modem maka koneksi antara handphone dengan komputer bisa menggunakan kabel data, bluetooth atau infrared. tetapi tidak cukup itu saja untuk beinternet maka diperlukan software yang menjembatani komunikasi data antar komputer dengan handphone yaitu PC Suite.

Nah, apakah kamu kini sudah mengenal istilah-istilah teknologi handphone, khusunya GPRS dan PDN? jika belum jelas silahkan baca lagi dengan teliti, maklum saya terhitung masih pemain baru dalam posting memposting.

96 Viewers

5 thoughts

  1. @ajiputra
    ya gitu pentingnya kuliah, masak kuliah komputer ditanyain gituan ma saudara gak ngert. apa kata dunia???

    @mencoba untuk konsisten aja, bikin blog ini arahnya ke Handphone Techno… n java coded.

  2. ketut tunik berkata : Saya mau pake bloototh dengan mito pakai starone bagaimana caranya

  3. pras berkata : masalah konektivityas nih saya dah agak paham mas, heheehe maklum baru baca
    tapi ada satu hal yg selalu membuat saya bertanya2,
    dilihat dari singkatan GPRS = general packet radio service
    apakah benar sebenarnya packet data yg keluar maupun masuk dari dan ke HP kita itu menggunakan glombang radio(AM/FM) pada umumnya?
    hanya beda frekuensi gitu mas?

    coz, aq pernah baca artikel mengenai penemuan pak onno w purbo, yg menyatakan berhasil membuat jaringan layanan internet melalui gelombang radio, tapi pada akhirnya dilarang oleh pemerintah karena bisa “merusak pasar” [cmiiw]
    mohon pencerahannya mas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please make sure you are not robot * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.